Jumat, 26 Februari 2010

Dorama

Oshin / おしん

Siapa yang gak kenal Oshin?
Program drama televisi (dorama) yang pertama kali ditayangkan di Jepang pada tanggal 4 April 1983 sampe 31 Maret 1984 oleh stasiun NHK ini emang udah banyak menyedot perhatian dunia.


Drama ini bercerita tentang seorang wanita bernama Shin Tanokura (田倉 しん) yang kemudian dipanggil Oshin berjuang tanpa mengenal putus asa dalam menghadapi rintangan-rintangan berat dalam hidupnya.

Oshin kecil diperankan oleh Kobayashi Ayako, lahir 11 Agustus 1972, terakhir muncul di dorama berjudul "Puzzle" (2008) sebagai bintang tamu.

Kobayashi AyakoFilm anime Oshin ditayangkan pada tahun 1984 khusus menceritakan masa hidup Oshin waktu kecil juga di isi suaranya oleh Kobayashi Ayako.

anime oshin

Oshin dewasa diperankan oleh Tanaka Yuko (setelah menikah menjadi Sawada Yuko), lahir 19 April 1955, terakhir muncul di dorama berjudul "Boshi" (2008) sebagai pameran pembantu.

Tanaka Yuko
Sedangkan Oshin tua dimainkan oleh Otowa Nobuko (1 Oktober 1924 s/d 22 Desember 1994), film terakhirnya yang berjudul "Sanmon Yakusha" diluncurkan pada tahun 2000.

Otowa  Nobuko
Cerita Oshin dibuat berdasarkan autobiografi ibu-nya Kazuo Wada, seorang pengusaha Jepang yang mendirikan perusahaan supermarket Yaohan (sekarang bangkrut dan cabangnya di Singapura berganti nama menjadi Best Denki).

"Pada awalnya semua stasiun televisi Jepang, termasuk NHK, menolak cerita Oshin karena ceritanya yang keras dan gelap di masa pemerintahan Meiji dan berkaitan dengan rumah pelacuran," kata Sugako Hashida, sang sutradara. Sampe akhirnya Mikio Kawaguchi, direktur NHK waktu itu menyetujuinya.

Sampe sekarang udah tercatat 59 negara di dunia yang m enayangkan Oshin, mulai dari belahan bumi selatan (Australia) sampe ke ujung utara (Kanada), term asuk yang abis perang (Irak).

Dari dorama dengan 15 menit x 297 episode inilah dunia mengenal wanita-wanita Jepang yang pantang menyerah dan budaya Jepang yang mempunyai disiplin tinggi.

Di Indonesia sendiri, Oshin ditayangkan pertama kali di TVRI pada November 1986 sampe 1989. Kemudian pada Agustus 1992, Oshin diputer ulang oleh TPI. Belum puas? Oshin bernostalgia di MetroTV pada Desember 2004 (yang pemutarannya dihentikan karena Aceh terkena Tsunami).


GREAT TEACHER ONIZUKA / グレート・ティーチャー・ オニズカ


Great Teacher Onizuka atau yg lebih umum di singkat GTO adalah manga,anime dan dorama karya Toru Fujisawa.Drama GTO di produksi sebanyak 11 episode ,sebuah TV spesial dan sebuah film.Takashi Sorimachi berperan sebagai Onizuka,dan Nanako Matsusuhima berperan sebagai Azusa.

Sinopsis :

Eikichi Onizuka ,22 tahun adalah mantan pemimpin geng motor yang tidak tahu apa yg di lakukan dalam hidupnya.Dia bertemu seorang gadis yang mengorbankan keinginannya untuk menjadi seorang g
uru.

Onizuka berhasil menjadi guru di kemudian hari, namun Onizuka tidaklah sama dengan guru-guru yang sudah ada. Wataknya k

eras karena dia pernah menjadi anggota geng. Dia juga memiliki sifat sangat cuek dan tidak memperdulikan tatakrama yang ada. Dengan perilaku semacam itu, dia memecahkan berbagai permasalahan hubungan antar murid di kelasnya dangan cara yang tidak biasa, seperti mengancam murid yang sok jagoan dengan ancaman akan menjatuhkannya dari atas gedung.

Dengan wataknya yang tidak biasa itu, dia dibenci hampir semua orang di sekolah. Akan tetapi, pada akhirnya, banyak yang menyadari bahwa Onizuka adalah orang yang berjiwa bersih dan bisa mengatasi setiap permasalahan yang dialami murid maupun rekan sejawatnya.

Itazura na kiss / イタズラなKiss


Itazura na Kiss adalah dorama Jepang yang dibuat pada tahun 1996 dan dibintangi oleh Takashi Kashiwabara (sebagai Irie Naoki) dan Sato Aiko (sebagai Aihara Kotoko). Menceritakan kisah seorang gadis yang kurang pintar (dia berada di kelas F) yang mencintai seorang pemuda tampan kelas A. Pertemuan pertama mereka sangat mengesankan. Lewat sebuah ciuman tak sengaja ketika bertabrakan di koridor kelas.

Naoki tak pernah menanggapi kehadiran Kotoko sampai akhirnya Kotoko dan ayahnya tinggal di keluarga Naoki gara-gara rumah mereka kebakaran. Kotoko selalu mengejar Naoki dan berusaha menyenangkan hati pemuda pujaannya itu, yang malah terkadang berakhir dengan kekacauan. Tapi Kotoko tidak pernah menyerah meskipun Naoki bersikap dingin padanya.



Gokusen /
ごくせん


Drama Jepang atau J-dorama yang berjudul Gokusen ini diadaptasi dari manga yang berjudul sama karya Morimoto Kozueko. Dorama yang terdiri dari 12 episode + 1 episode spesial, ditayangkan di NTV pada musim panas tahun 2002 dan meraih rating yang cukup baik. Dorama ini juga meraih penghargaan dalam Television Academy Awards tahun 2003 untuk pemeran utama wanita terbaik (Nakama Yukie) dan pemeran pembantu pria terbaik (Matsumoto Jun).

Gokusen adalah singkatan dari Gokudo no Sensei atau “Gangster Teacher” bercerita tentang Yamaguchi Kumiko (Nakama Yukie) seorang guru cewek yang dibesarkan di lingkungan yakuza dan mulai mengajar di SMU yang semua muridnya cowok. Dalam upayanya untuk mendapatkan kepercayaan dan respect dari murid-muridnya yang bandel dan sering dicap berandalan, secara tidak langsung Kumiko mengajarkan prinsip-prinsip kehidu
pan yakuza (dari sisi positif) kepada murid-muridnya.

Untuk familiar dengan dorama/manga/anime, mungkin akan menyangka Gokusen merupakan copycat dari GTO (Great Teacher Onizuka) yang pernah sangaaaat popular di Jepang tahun 1998, dengan plot yang sama yaitu cerita guru yang berusaha ‘menjinakkan’ murid kelasnya yang berandalan dengan cara mendidik yang tidak biasa dan unik. Tapi percaya deh, setelah menonton Gokusen kamu akan jatuh cinta dan ga bisa berhenti sampai episode terakhir.

Adegan-adegan lucu dan norak yang sangat komikal serta
dialog yang segar dan touching menjadi kekuatan dari drama ini. Selain itu tampang-tampang cakep murid-murid Kumiko dengan gaya rambut seperti tokoh-tokoh kartun anime, membuat Gokusen semakin menarik. Akting Matsumoto Jun sebagai Sawada Shin yang jadi ring leader bagi teman-temannya, sangat bagus, tidak banyak dialog yang diucapkan tapi tatapan matanya menggambarkan apa yang dirasakannya .Seperti Dorama Jepang pada umumnya yang memiliki plot sederhana, penggambarannya sangat mendetail, serta adegan-adegan dan dialognya realistis (ga kayak sinetron Indonesia). That’s why I love watching J-dorama. Menonton Gokusen (dan juga dorama lainnya) mengingatkan kita untuk selalu hormat orang tua, mensyukuri segala hal, selalu mendengarkan hati nurani dan percaya pada sebuah nilai ‘kerja keras’. Sepertinya ini adalah norma-norma yang menjadi kekuatan orang Jepang.



1 Litre of tears /
1リットルの涙

Based On True Story !!!!Dorama ini diproduksi sebanyak 11 episode dari 11 oktober 2005 sampai 20 desember 2005 di jepang.Dorama ini juga pernah di tayangkan oleh salah satu tv swasta di Indonesia (Indosiar).
Sinopsis :
Aya ikeuchi gadis berumur 15 tahun,dia adalah anak dari keluarga yg bekerja di toko tahu.Saat dia mulai masuk Sekolah Menengah Atas ,Aya sering terjatuh dan cara berjalannya tampak aneh.Ibunya,Shioka membawa Aya ke dokter,dan dokter memponis aya menderita penyakit spinocerebellar degeneration,penyakit yang menyerang otak yang membuat penderitanya tidak bisa berjalan ,menulis,berbicara dan makan.Bagaimana aya bertahan dari penyakitnya??
Tonton dorama ini,,dan anda akan banyak mengeluarkan air mata ,,,


References :
http://haiqa.multiply.com/reviews/item/4
http://haiqa.multiply.com/reviews/item/4

1 komentar: